7 Tips Memilih Software Antivirus untuk Laptop Kamu

Home / Software / 7 Tips Memilih Software Antivirus untuk Laptop Kamu

Dalam menggunakan laptop, kamu harus menggunakan software antivirus. Software yang satu ini memiliki fungsi sebagai pemindai dan pembasmi virus. Tapi di luar sana ada banyak sekali pilihan software yang bisa kamu dapatkan.

Tips Memilih Software Antivirus

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ada software yang satu ini tersedia banyak dan beragam di pasaran. Artinya kamu akan bingung memilih mana yang tepat. Tapi tenang saja, inilah tips memilihnya:

Pastikan Software Antivirus yang Kamu Pilih Memberikan Perlindungan yang Maksimal

Pertama, pastikan bahwa software yang kamu gunakan itu memberikan perlindungan yang maksimal mengenai virus. Kamu harus melihat deskripsi dan juga ulasan software agar lebih mantap memilih.

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak sekali varian virus yang bisa masuk dan merusak data. Pastikan antivirus kamu itu bisa membasmi seluruh virus-virus tersebut.

Pilih Sesuai dengan Anggaran

Tips yang selanjutnya adalah sesuaikan dengan anggaran. Apabila anggaran kamu sedikit beli saja yang terjangkau. Bahkan jika memang ada software uji coba bisa kamu gunakan. Biasanya pengembang antivirus memberikan akses untuk uji coba gratis.

Jika kamu ingin mendapatkannya, tak perlu membayar. Hanya saja waktu penggunaannya itu sangat terbatas bisa 1 atau 2 bulan saja.

Sebaiknya, Pilih Software Antivirus yang Memiliki Update secara Berkala

Beberapa antivirus tidak melakukan update atas software yang telah diunduh oleh banyak orang. Oleh karena itu, penting sekali memilih software yang bisa dipercaya memberikan dukungan terus menerus.

Sebab, varian virus itu semakin lama juga akan semakin berkembang. Jangan sampai antivirus tak bisa membasminya ya.

Sesuaikan dengan Spesifikasi Laptop Kamu

Beberapa software antivirus memiliki syarat khusus mengenai spesifikasi laptop yang digunakan. Apabila spesifikasi laptop tak sesuai maka antivirus yang telah kamu unduh tak akan berfungsi.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan bagaimana syarat dari software agar kamu dapat memilih yang paling sesuai dengan laptop.

Pastikan dapat Memberikan Perlindungan Real Time

Beberapa antivirus hanya akan berfungsi jika kamu mengaktifkannya. Hal ini tentu akan membahayakan apalagi kamu yang sering berselancar di internet atau sering menancapkan USB.

Antivirus yang memiliki perlindungan real time harus dipilih agar bisa mendeteksi kapan saja dan di mana saja virus berada. Dengan ini kamu akan merasa lebih aman bukan?

Sebaiknya Gunakan Software Antivirus Lebih dari Satu

Nah, jika kamu membeli antivirus sebaiknya jangan hanya satu. Gunakan dua atau lebih software agar melindungi perangkat dengan lebih baik. Sebab spesifikasi antivirus satu dengan yang lainnya itu berbeda-beda.

Padahal kamu membutuhkan semua antivirus untuk melindungi laptop. Jadi, jangan ragu memilih dua atau lebih antivirus untuk laptop kamu ya.

Pastikan Kamu dapat Antivirus di Tempat yang Legal

Terakhir, pastikan kamu mendapatkan antivirus itu hanya di tempat yang legal. Beberapa antivirus memiliki sirus legalnya atau menjual melalui toko aplikasi resmi lainnya. Hanya unduh di dua tempat tersebut.

Hindari membeli di situs yang ilegal karena ditakutkan antivirus yang kamu unduh malah membawa virus yang lebih mengerikan. Kamu harus benar-benar waspada.

Nah, itulah dia beberapa tips memilih software antivirus untuk laptop yang kamu miliki. Jangan biarkan pekerjaan kamu terhambat karena virus yang masuk ke dalam laptop. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mencarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *