7 Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kamu

Home / Software / 7 Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kamu

Dalam berbisnis, yang namanya akuntansi sudah pasti menjadi hal yang paling utama. Kini, untuk seluruh laporan keuangan di perusahaan kamu, sudah ada banyak software yang bisa digunakan. Software akuntansi akan mempermudah berbagai sistem keuangan bisnis dan hasilnya juga lebih akurat.

Tips Memilih Software Akuntansi untuk Bisnis Kamu

Tapi, perlu diketahui bahwa ada banyak sekali software yang ditawarkan. Untuk memilihnya, gunakan tips memilih software akuntansi untuk bisnis kamu, yaitu:

Pastikan Fiturnya Sesuai dengan Kebutuhan

Pertama, pastikan bahwa fitur yang ditawarkan oleh pengembang itu sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Ya, semua perusahaan tidak memiliki sistem pengelolaan keuangan yang sama.

Bisnis UMKM tentunya memiliki pengolahan keuangan yang berbeda dengan bisnis perusahaan yang besar seperti pabrik sepatu atau tas skala besar. Jadi, semuanya harus disesuaikan dengan keadaan masing-masing perusahaan.

Keamanan Data adalah Hal yang Paling Utama

Karena software akuntansi itu sangat tergantung pada data-data keuangan maka hal yang paling diutamakan adalah keamanan data. Pastikan kamu memilih software yang bisa menjamin keamanan tak hanya dalam jangka waktu sebentar melainkan dalam jangka panjang.

Biasanya, pengembang akan menggunakan sistem penyimpanan awan sehingga data tersimpan selamanya dan bisa diakses kapan saja.

Pastikan Memiliki Layanan Pelanggan yang Baik

Pastikan juga bahwa pengembang yang kamu pilih memberikan layanan pelanggan yang baik. Yang namanya software baru pastinya ada hal-hal yang belum diketahui atau bahkan tidak bisa menggunakannya.

Oleh karena itu, dukungan layanan pelanggan yang baik pasti menjadi hal utama ketika kamu ingin bertanya. Pihak pengembang akan menjawab dan memberikan solusi yang tepat.

Laporan Keuangan Otomatis, Mempermudah Evaluasi Bisnis

Pastikan juga bahwa software yang kamu pilih sudah memberikan kemudahan laporan keuangan secara otomatis. Beberapa software ada yang hanya melakukan pengolahan data sehingga pelaporan finalnya masih harus dihitung kembali oleh akuntan.

Hal tersebut pastinya akan membuat pekerjaan menjadi lebih lama. Berbeda dengan laporan keuangan yang sudah jadi dan tinggal dicetak serta diteliti. Perusahaan pasti akan bisa mengkaji lebih baik dan mengambil langkah evaluasi yang tepat.

Sebaiknya Memiliki Kemampuan Integrasi yang Baik

Selanjutnya, pastikan software tersebut memberikan layanan integrasi yang mumpuni. Beberapa perusahaan memiliki cabang atau melayani transaksi di berbagai tempat secara offline dan online.

Jika itu semua dilakukan oleh sistem yang terintegrasi maka pekerjaan akuntan akan semakin mudah. Semua laporan data yang masuk bisa langsung digabungkan di sistem pusat.

Pastikan ada Bimbingan atau Training Awal Penggunaan Software Akuntansi

Selanjutnya, pastikan bahwa pengembang memberikan bimbingan atau training awal penggunaan software akuntansi tersebut. Walaupun memang sebagian besar telah melakukannya namun ada beberapa yang hanya menyediakan buku panduan.

Padahal tak semua orang bisa mengerti buku panduan karena sistemnya sendiri cukup kompleks sehingga perlu penjelasan secara langsung.

Pastikan ada Garansi

Walaupun dalam bentuk software, kamu juga harus memastikan bahwa produk itu ada garansinya. Misalnya saja jika software yang dijanjikan bisa melakukan pengolahan data A tapi saat digunakan ternyata tidak bisa.

Maka kamu berhak mendapatkan software lain atau dilakukan perbaikan sistem oleh pengembang.

Jadi, itu dia beberapa tips memilih software akuntansi yang baik dan benar untuk keperluan bisnis yang sedang kamu jalankan. Pilihlah penyedia yang terpercaya untuk mempermudah seluruh pekerjaan akuntansi kamu. Selamat mencari, semoga dapat yang terbaik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *